Senin, 07 September 2015

Makanan Vegetarian Bikin Lemah Tulang



Pola makan vegetarian rupanya membawa dampak yang perlu diperhitungkan. Beberapa peneliti di Australia mengatakan, orang yang hidup dengan menyantap makanan vegetarian memiliki tulang lebih lemah dibanding mereka yang menyantap daging. 

Satu studi gabungan Vietnam-Australia mengenai hubungan antara tulang dan makanan atas lebih dari 2.700 orang mendapati bahwa para vegetarian memiliki kepadatan tulang lima persen lebih sedikit dibanding orang yang makan daging. “Masalah tersebut paling banyak ditemukan pada vegetarian, yang sama sekali tak memasukkan produk hewani di dalam makanan mereka dan yang tulangnya enam persen lebih lemah," kata ketua tim, Tuan Nguyen, seperti dikutip AFP.

Penelitian juga menunjukkan, praktis tak ada perbedaan konstruksi tulang antara para pemakan daging dan ovolactovegetarian (pemakan telur dan produk susu) tapi tidak memakan daging dan makanan laut. "Hasilnya menunjukkan, makanan kaum vegetarian, terutama makanan vegan (kaum vegan berusaha untuk tidak mengonsumsi produk hewan) berkaitan dengan lebih rendahnya kepadatan mineral tulang," tulis Nguyen di dalam studi tersebut yang disiarkan di dalam American Journal of Clinical Nutrition

Nguyen yang berasal dari Garvan Institute for Medical Research di Sydney, Australia bekerja sama dalam proyek tersebut dengan Pham Ngoc Thach University of Medicine di Kota Ho Chi Min. Keduanya mengatakan, pertanyaan mengenai apakah kurangnya kepadatan tulang ditafsirkan menjadi peningkatan risiko keretakan masih harus dikaji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar